Field Trip Sahil ke Dinas Pemadam Kebakaran

Hari Jum’at 13 Oktober 2017 murid-murid kelas 1 SDI Sahabat Ilmu Karawang mengadakan field trip sekaligus pengenalan profesi ke kantor dinas pemadam kebakaran Karawang. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun bagi murid-murid kami yang duduk di bangku kelas 1.

Rombongan murid sejumlah 98 anak ditambah 10 orang guru pembimbing berangkat dari sekolah pagi-pagi pukul 07,30 dengan menggunakan 6 kendaraan umum. Tiba di kantor dinas pemadam kebakaran sekira pukul 07.50 acara pun langsung dimulai dengan sambutan dari bapak petugas yang baik dan ramah. Selanjutnya anak-anak dibawa ke lantai 2 untuk menyimak film animasi Si Pampi. Apa itu Si Pampi?? Oh, ternyata dia itu tokoh gajah pemadam api yang ada di film tesebut (:

Dalam film tersebut disampaikan bahaya jika kita bermain api, juga langkah penanggulangan jika terjadi kebakaran.  Selesai pemutaran film lalu bapak petugas menunjukkan peralatan-peralatan yang biasa mereka pergunakan saat memadamkan api. Seru kan??

Tiba saatnya quiz berhadiah! Mereka yang mendengarkan penjelasan dengan sungguh-sungguh tentunya bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Hadiah pun didapatkan.

Acara selanjutnya simulasi pemadaman api dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan karung basah. Beberapa anak memberanikan diri mencoba….sambil merem melek ngeri-ngeri gimanaaa gitu. Tapi semangatnya luar biasa.

Matahari kian tinggi. Acara pun ditutup dengan siraman hujan buatan. Brrrrrrrrrrrr! Anak-anak asik tertawa riang sambil basah-basahan disiram air dari selang pemadam kebakaran.

Saatnya pulang diantar mobil pemadam kebakaran sebanyak 2 unit. Membelah jalanan kota Karawang, duduk di atas mobil pemadam kebakaran dengan diawasi para pertugas tentunya. Tibalah akhirnya mereka kembali di sekolah dengan selamat.

Alhamdulillaah…

Sampai jumpa pada keseruan berikutnya! Insya Allah